FGD-Diskusi Kelompok Terarah atas PENJAMIN KUALITAS REVIU DAK

19112019

InteGRitasNews ‚óŹ Sesuai amanat Peraturan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Nomor PER-6/PK/2018 tentang Panduan Reviu Laporan Realisasi Penyerapan Dana dan Capaian Output Kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Lampung melakukan FGD Penjaminan Kualitas (Quality Assurance) atas reviu DAK yang dilaksanakan oleh Inspektorat se Provinsi Lampung di Aula BPKP Perwakilan Lampung pada Selasa (19/11).

Tim BPKP bersama Tim dari Direktorat Perimbangan Kementrian Keuangan RI melaksanakan kegiatan ini selama sehari penuh.

Penjaminan kualitas tersebut, dilakukan atas permintaan dari Menteri Keuangan.

Adapun tujuan penjaminan kualitas ini adalah untuk memastikan bahwa Inspektorat Daerah Kabupaten Kota se Lampung telah melaksanakan kegiatan reviu laporan realisasi penyerapan dan capaian output kegiatan DAK Fisik Tahun Anggaran 2019 sesuai dengan ketentuan.

Titik fokus penjaminan kualitas BPKP antara lain kelengkapan Kendali Mutu Reviu yang mendukung Laporan Hasil Reviu berupa Surat Perintah Tugas, Program Kerja Reviu, Kertas Kerja Reviu, dan data-data pendukung kertas kerja seperti daftar kontrak, daftar SP2D, dan lain-lain.

Selain itu, penjaminan kualitas juga bertujuan untuk memastikan bahwa Laporan Hasil Reviu telah disampaikan kepada yang berhak, dalam hal ini Bupati Walikota menyampaikan kepada KPPN sebagai salah satu persyaratan pencairan dana DAK Fisik.

Dalam kesempatan exit meeting Tim nantinya  akan  melakukan diskusi dan pembahasan draft hasil QA sekaligus memberikan saran perbaikan atau rekomendasi agar pelaksanaan reviu DAK Fisik lebih baik lagi.

SalamInteGRitas

PringsewuBerSaHaJa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *